Selasa, 07 Februari 2012

Merpati Part IV

Hidung
Besar atau kecilnya bentuk hidung biasanya menentukan insting untuk pulang kandang.
    Hidung besar seperti burung merpati pos, insting untuk pulang kandang sangat kuat. Sampai ratusan kilo meter masih bisa pulang kandang. Jadi jangan berkecil hati burung merpati anda punya hidung besar. Terus apa sih kelemahannya burung merpati yang berhidung besar? Jawabannya adalah kalau terbang nya tinggi tapi tak bisa menukik. Burung merpati jenis ini di Bandung di sebut "rambon". Tetapi ada juga sih satu dua yang bisa melawan kodrat dengan bisa menukik 90 drajat dari ketinggian tertentu.
    Hidung kecil atau pada umumnya merpati tinggian, insting pulang nya jauh lebih rendah dari pada merpati pos. Ini bisa dibuktikan banyaknya merpati tinggian atau dasar yang hilang saat diterbangkan. Walaupun dengan jenis warna bulu blorok, hitam atau megan sekalipun. Mata yang baik merah asem, atau kuning dengan lingkaran luar merah sekalipun. Tetap saja resiko hilang tetap ada.
Ciri-ciri tua / muda nya seekor burung merpati bisa dilihat dari hidung:
    Warna putih agak kemerahan dan terlihat basah: Ini burung muda sekali biasanya piyik atau piyik baru rampas.
    Warna putih agak kemerahan tetapi tidak terlihat bash: Burung ini sudah dewasa dan siap untuk dimainkan sesuai dengan keahliannya. Artinya tinggian atau dasaran.
    Warna putih tanpa kemerahan: Burung ini sudah mapan dan sudah tidak bisa dinaikan lagi kemampuannya. artinya kalau sudah dasaran yah dasaran terus kalau sudah tinggian yah tinggian terus.
    Warna putih dan terlihat kering: Burung ini sudah tua alias tinggal diambil keturunannya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar